Rabu, 30 November 2011

Yosia Sang Pembaru



YOSIA sang pembaru 2 Tawarikh 32:21–35:27

2 Tawarikh 32
Yerusalem dikepung oleh Sanherib
Saat Yerusalem dikepung oleh Sanherib raja Asyur, hizkia yaitu raja Yehuda mengumpulkan rakyatnya dan menenangkan mereka dengan kata2:  2 Tawarikh 32: 7-8 “Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu!-----------------------------------oleh kata2 Hizkia, raja Yehuda itu, rakyat mendapat kepercayaannya kembali“. Kemudian raja Asyur mengutus pegawainya kepada semua orang Yehuda dengan membawa pesan yang isinya berusaha mempengaruhi dan menakut2i rakyat di Yerusalem agar mereka bisa merebut kota itu. Mereka berbicara tentang Allah yerusalem seperti tentang allah bangsa2 di dunia, adalah buatan manusia yang tidak dapat melepaskan bangsanya dari tangan raja Asyur.
Yerusalem luput dari tangan Sanherib
Karena doa Hizkia dan nabi Yesaya bin Amoz berdoa dan berseru kepada sorga. Lalu tuhan mengirimkan malaikatNya untuk melenyapkan smw pahlawan raja Asyur dan raja Asyur pun kembali ke negerinya dan dia pun dibunuh oleh anak2nya sendiri saat memasuku rumah allahnya.
Tahun-tahun terakhir dari pemerintahan Hizkia
Hizkia sakit dan hampir mati, dia berdoa pada Tuhan dan Tuhan menunjukkan tanda ajaib padanya. Tetapi Hizkia menjadi angkuh dan tidak berterimakasih pada Tuhan, sehingga ia, Yehuda dan Yerusalem ditimpa murka. Tetapi dia sadar dengan keangkuhannya dan merendahkan diri bersama2 orng Yerusalem sehingga murka Tuhan tidak menimpah mereka pada zaman Hizkia. Pada saat kematiannya tiba, semua orng Yerusalem member hormat padanya dan Manasye anaknya diangkat sebagai raja untukmenggantikan ayahnya Hizkia.

2 Tawarikh 33
Raja Manasye
Manasye menjadi raja pada usianya yang ke 12 tahun dan dia memerintah selama 55 tahun lamanya. Ia melakukan segala yang jahat di mata Tuhan. Manisye menyesatkan bangsa Yehuda dan Yerusalem, sehingga mereka melakukan yang jahat melebihi yang dilakukan bangsa2 yang Tuhan punahkan. Saat itu, Tuhan berfirman kepada Manasye dan bangsa itu, tetapi mereka tidak menghiraukanNya dan akhirnya Tuhan mendatangkan panglima bangsa Asyer untuk menangkap Manasye dan membawanya ke Babel. Dalam keadaan yg seperti itu, dia merendahkan diri di hadapan Allah dan Tuhan mengabulkan doanya dan mengembalikan dia dan memulihkan kedudukannya sebagai raja. Ia akhirnya mengakui bahwa Tuhan itu Allah dan mulai melakukan segala yang baik dihadapanNya. Dan pada saat perhentiannya dia digantikan oleh anaknya Amon.
Raja Amon
Amon berumur 22 tahun saat menjadi raja dan memerintah selama 2 tahun. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan seperti yang dilakukan Manasye, tetapi bedanya dia tidak merendahkan diri di hadapan Tuhan. Malah dia melakukan kesalahan yang lebih banyak. Para pegawainya sepakat untuk membunuhnya di istananya dan para rakyat membunuh semua orang yang membunuh Amon dan mengangkat Yosia anaknya Amon menjadi raja menggantikan Amon.

2 Tawarikh 34
Raja Yosia-Pembaharuan yang dilakukan Yosia
Yosia berumur 8 tahun saat dia menjadi raja dan memerintah selama 31 tahun lamanya di Yerusalem. Ia melakukan apa yang benar di mata Tuhan dan hidup seperti Daud, bapa leluhurnya. Pada tahun ke-8 dia mencari Allah dari daud dan pada tahun ke-12 dia mulai mentahirkan bangsa Yehuda dan Yerusalem. Pada tahun ke-18 setelah mentahirkan negeri dan rumah Tuhan, ia menyuruh Safan dan kawan2 untuk memperbaiki rumah Tuhan. Saat itu, Hilkia menemukan Kitab yang dari Musa dan diserahkan kepada Safan dan Safan menyerahkannya kepada raja dan membacakan sebagian dari isi kitab itu. Setelah mendengar itu, raja langsung menoyakkan pakaiannya dan menyuruh mereka untuk pergi dan meminta petuhjuk Tuhan baginya dan akhirnya Yosia menemukan arti dari petunjuk Tuhan dan dia menyuruh orang untuk mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem dan pergi ke rumah Tuhan dan berdirilah dia dan mengikatkan perjanjian di hadapan Tuhan untuk hidup dengan mengikutiNya dan tetap menuruti perintahNya. Ia menyuruh semua orang untuk menuruti perjanjian itu dan beribadah kepada Tuhan. Maka sepanjang hidup Yosia mereka tidak menyimpang mengikuti Tuhan, Allah nenek moyang mereka.

2 Tawarikh 35
Yosia merayakan Paskah
Yosia merayakan paskah bagi Tuhan di Yerusalem dan menyembelih domba pada tanggal 14 bulan yang pertama. Banyak orang yang memberikan sumbangan sukarela pada orang lain saat perayaan ini. Ada banyak domba dan lembu yang dijadikan sebagai korban bakaran saat itu. Seluruh upacara ibadah dipersiapkan untuk Tuhan untuk merayakan paskah dan untuk mempersembahkan korban bakaran di atas mezbah Tuhan sesuai dengan perintah raja Yosia.
Yosia dibunuh oleh Nekho
Setelah Yosia memperbaiki rumah Tuhan, majulah Nekho, raja Mesir ingin berperang di Karkemis di tepi sungai Efrat, Yosia keluar menghadapinya. Ayat 21 “ Ia mengirimkan utusan kepada Yosia, dengan pesan: “Apakah urusanmu dengan aku, raja Yehuda? Saat ini aku tidak datang melawan engkau, tetapi melawan keluarga raja yang sedang kuperangi, Allah yang memerintahkan aku supaya segera bertindak. Hentikanlah niatmu menentang Allah yang menyertai aku, supaya engkau jangan dimusnahkanNya”. Tetapi Yosia tidak berpaling dan berperang dengan dia. Yosia tidah mengindahkan kata2 nekho yang merupakan pesan Allah. Dan akhirnya dia ditembak dengan panah dan mati. Sesungguhnya semua wirayatnya dari awal sampe akhir tertulis di kitab raja Israel dan Yehuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't be shy, leave your comments

Trip to Belitung 3D2N

"ngajak pacar kesini enak kali yah??" 😎😜 November 2016, saat dia pergi berlibur dengan teman2 kantornya ke Belitung 2D1N....