Senin, 19 September 2011

Pengolahan Informasi dan Persepsi Konsumen

Consumer Behavior Class (Kelas Perilkon) Tuesday Morning Departement of Family and Consumer Sciences-college of Human Ecology-Bogor Agricultural University
Lecturer: Prof Dr. Ir Ujang Sumarwan, M.Sc.


Pertanyaan yang berhubungan dengan bab Pengolahan Informasi dan Persepsi Konsumen
1. Apa masalah yang mungkin terjadi bila menggunakan model atau selebriti sebagai pemberi pesan dalam sebuah iklan?
Jawabannya: masalah yang mungkin terjadi adalah apabila konsumen merasa model atau selebriti tersebut tidak cocok dengan produk yang diiklankan maka konsumen akan merasa kecewa dan tidak percaya pada produk tersebut.

2. Mengapa warna menjadi salah satu faktor stimulus yang mempengaruhi perhatian konsumen?
Jawabannya: warna menjadi salah satu faktor stimulus yang mempengaruhi perhatian konsumen karena warna dapat digunakan untuk membangkitkan suasana atau perasaan tertentu ketika melihat warna yang berbeda. Sebagai contoh, pabrik sabun cuci yang mengenali manfaat pemasukan granula (butiran) berwarna sebagai pengukuh visual untuk klaim produk.

3. Bagaimana tingkat adaptasi yang dapat digunakan oleh pemasar untuk meningkatkan keefektifan iklan?
Jawabannya: Pemasar dapat menggunakan taktik iklan untuk memikat perhatian konsumen dengan memasukkan stimulus di dalam sebuah iklan yang menyimpang dari adaptasi konsumen. Sebagai contoh, penggunaan frasa "Iklan yang buruk" ("A Bad Ad") di dalam iklan yang berlawanan dengan apa yang konsumen harapkan untuk dilihat dalam sebuah iklan.

Oleh: Vonika Manurung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Don't be shy, leave your comments